Capaian Pembelajaran Lulusan Aspek Sikap
No. | Kode | Capaian Pembelajaran |
SIKAP | ||
1 | S1 | Bertaqwa kepada Tuhan YME & menunjukkan sikap religius |
2 | S2 | Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, & etika; |
3 | S3 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan ber-MA-BA-NE & kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila |
4 | S4 | Berperan sebagai WN yg bangga & cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara & bangsa; |
5 | S5 | Menghargai keanekaragaman budaya , padangan,agama, dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; |
6 | S6 | Bekerjasama & memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; |
7 | S7 | Taat hukum & disiplin dalam kehidupan bermasyarakat & bernegara; |
8 | S8 | Menginternalisasi nilai, norma, & etika akademik; |
9 | S9 | Menunjukkan sikap tanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; |
10 | S10 | Menginternalisasi semangat inovatif, kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan |
11 | S11 | Menginternalisasi sikap apresiatif & peduli dalam pelestarian lingkungan hidup, seni, dan nilai-nilai sosial budaya yang berkembang di masyarakat. |
12 | S12 | Menunjukkan sikap yang menjunjung tinggi nilai-nilai Islami dalam kehidupan sehari-hari |
Capaian Pembelajaran Lulusan Aspek Pengetahuan
Pengetahuan | ||
1 | P1 | Menguasai konsep teoretis pendidikan secara umum & konsep teoretis teknologi pendidikan secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural khususnya dalam bidang teknologi pendidikan. |
2 | P2 | Menguasai pengetahuan deklaratif dan prosedural bidang desain, perencanaan, dan pelaksanaan pembelajaran dalam berbagai bentuk dan konteks lingkungan belajar yang beragam |
3 | P3 | Menguasai pengetahuan deklaratif dan prosedural model dan strategi pembelajaran inovatif dalam berbagai bentuk dan konteks lingkungan belajar yang beragam. |
4 | P4 | Menguasai pengetahuan deklaratif dan prosedural bidang pengembangan dan pengelolaan media, dan sumber belajar dalam berbagai bentuk dan konteks lingkungan belajar yang beragam |
5 | P5 | Menguasai pengetahuan deklaratif dan prosedural bidang penilaian dan evaluasi menurut teknologi pendidikan. |
6 | P6 | Menguasai pengetahuan deklaratif dan prosedural bidang metodologi penelitian teknologi pendidikan. |
7 | P7 | Menguasai pengetahuan etika pofesi teknologi pendidikan |
8 | P8 | Menguasai pengetahuan bidang Akidah akhlak, fiqih, wawasan keislaman dan Islamisasi pendidikan |
9 | P9 | Menguasai pengetahuan pendidikan generasi muda dan kepramukaan |
10 | P10 | Menguasai pengetahuan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan |
11 | P11 | Menguasai pengetahuan kaidah penulisan yang baik dan benar |
Capaian Pembelajaran Lulusan Aspek Keterampilan Umum
Keterampilan Umum | ||
1 | KU1 | Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi IPTEK yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; |
2 | KU2 | Menunjukkan kinerja mandiri dan terukur; |
3 | KU3 | Mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan & menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritiik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi; |
4 | KU4 | Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi; |
5 | KU5 | Mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah dibidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan latar. |
6 | KU6 | Memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat, baik di dalam maupun maupun di luar lembaganya; |
7 | KU7 | Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya; |
8 | KU8 | Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; |
9 | KU9 | Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin dan mencegah plagiarisme |
Capaian Pembelajaran Lulusan Aspek Keterampilan Khusus
Keterampilan Khusus | ||
1 | KK1 | Mampu menganalisis teoretis pendidikan secara umum & konsep teoretis teknologi pendidikan secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural khususnya dalam bidang teknologi pendidikan. |
2 | KK2 | Mampu memiliki skills mendesain, merencanakan, dan menerapkan pembelajaran dalam berbagai bentuk dan konteks lingkungan belajar yang beragam. |
3 | KK3 | Mampu memiliki skills dalam menerapkan model dan strategi pembelajaran inovatif dalam berbagai bentuk dan konteks lingkungan belajar yang beragam. |
4 | KK4 | Mampu memiliki skills dalam mengembangkan, mengelola media dan sumber belajar. |
5 | KK5 | Mampu menyusun dan melakukan penilaian dan evaluasi di bidang teknologi pendidikan. |
6 | KK6 | Mampu melakukan penelitian dalam bidang teknologi pendidikan. |
7 | KK7 | Mampu menerapkan etika pofesi teknologi pendidikan. |
8 | KK8 | Mampu mengkaji isu-isu teknologi pendidikan dalam bentuk seminar nasional/internasional |
9 | KK9 | Mampu menggunakan bahasa (bahasa Indonesia dan/atau bahasa asing) baik secara aktif maupun pasif dalam kehidupan |